Manajemen Perencanaan

Posted by Diposting oleh bLAck sUnShinE On 17.09

sepatutnya dalam melakukan sesuatu kita harus merencenakannya terlebih dahulu agar dapat berjalan dengan lancar,berikut adalah sedikit ulasan tentang konsep dasar perencanaan yang bisa kita plajari

Definisi Perencanaan
Perencanaan adalah suatu proses untuk menentukantindakan masa depan yang tepat melalui serangkaianpilihan-pilihan.
Menentukan : Menemukan (mengungkapkan dan meyakinkan).
Tindakan : Spesifik dan berkaitan dengan persoalan pelaksanaan
Tepat : Dikaitkan dengan tindakan
Pilihan-pilihan :
1. Pemilihan tujuan dan kriteria
2. Identifikasi seperangkat alternatif yang konsisten dengan preskripsi dengan pemiliha alternatif yang memungkinkan
3. Arahan tindakan mengenai tujuan yang telah ditentukan


Berbagai Pengertiantentang Perencanaan
1. Planning is the application of Scientific Method to PolicyMaking
2. Planning is a set of Procedures
3. Planning is a Process for determining appropriate futureaction through a sequence of choices
4. Public Planning is the systematic interaction ofknowledge and human values to determine the range ofsocial choice coupled with a technical process for theformulation of social action.
5. Planning is the art of making social decisions rationally


Mengapa perlu Perencanaan?
• Adanya dorongan alami yang dipelajari dalam masyarakat untuk pemenuhan kebutuhannya        melandasikelangsungan hidup masyarakat
• Adanya interaksi dan kekuatan-kekuatan ekonomi, sosialdan politik yang seringkali                      menimbulkan keadaan yangtidak terkontrol
• Adanya ketidakmerataan persoalan distribusi sumberdaya (pendapatan, penduduk, alam)            sehinggamengakibatkan terjadi disparitas (kesenjangan)pemanfaatan sumber daya
• dll

Tipe Perencanaan
1. Perencanaan Fisik (Physical Planning), adalahperencanaan struktur fisik daerah (tata guna tanah,komunikasi, utilitas, dll).
2. Perencanaan Ekonomi (Economic Planning), adalahperencanaan struktur ekonomi suatu daerah dan tingkatkemakmurannya yang biasanya bertumpu pada mekanisme pasar.
3. Perencanaan alokatif, adalah perencanaan yangberkenaan dengan koordinasi, penyelarasan hal-hal yangbertentangan, agar terdapat terjamin bahwa sistem yangbersangkutan tercakup secara effisien sepanjang waktusesuai dengan kebijaksanaan-kebijaksanaan yang ditempuh,perencanaan ini biasanya juga regulatory planning
4. Perencanaan Inovatif, adalah perencanaan yangberkenaan dengan perbaikan/pengembangan sistem denganmenunjukan sasaran yang baru berusaha menimbulkanperubahan-perubahan besar, perencanaan ini biasanyadisebut juga development planning.
5. Perencanaan indikatif adalah perencanaan yangmengemukakan petunjuk-petunjuk atau pedoman-pedomanumum dan sifatnya adalah sebagai sumber nasihat.
6. Perencanaan imperatif adalah perencanaan yang bersifatperintah yang mengandung pengarahan-pengarahan yangbersifat kongkrit.


Perencanaan yang Ideal
• Prinsip partisipatif: masyarakat yang akanmemperoleh manfaat dari perencanaan harus turut
   serta dalam prosesnya.
• Prinsip kesinambungan: perencanaan tidak hanyaberhenti pada satu tahap; tetapi harus              berlanjutsehingga menjamin adanya kemajuan terus-menerusdalam kesejahteraan, dan              jangan sampai terjadikemunduran.
• Prinsip holistik: masalah dalam perencanaan danpelaksanaannya tidak dapat hanya dilihat          dari satu sisi(atau sektor) tetapi harus dilihat dari berbagai aspek,dan dalam keutuhan                konsep secara keseluruhan.
• Mengandung sistem yang dapat berkembang (alearning and adaptive system).
• Terbuka dan demokratis (a pluralistic social setting).

(www.dadangsolihin.com)